Merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab dalam mengelola lembaga yang menyediakan guru-guru untuk pendidikan anak usia dini.
Tugas utama meliputi melakukan seleksi dan perekrutan guru-guru dengan kualifikasi yang sesuai, mengoordinasikan penempatan guru di berbagai lembaga PAUD, serta mengontrol dan memastikan kualitas pengajaran yang diberikan oleh guru.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan lembaga PAUD, orang tua siswa, dan guru untuk memastikan kelancaran proses pendidikan dan kualitas pelayanan yang diberikan.
Profil orang yang cocok untuk pekerjaan sebagai pengelola lembaga penyedia penyalur guru PAUD adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan, mampu mengelola kegiatan secara efektif, dan memiliki kemampuan dalam melakukan penilaian terhadap calon guru PAUD yang berkualitas.
Seorang yang juga memiliki keterampilan dalam menjalin hubungan yang baik dengan lembaga pendidikan dan masyarakat akan menjadi nilai tambah dalam pekerjaan ini.
Seseorang yang tidak terorganisir, kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak memiliki passion dalam bekerja dengan anak-anak mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi pengelola lembaga penyedia penyalur guru PAUD adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan administrasi dan pengelolaan belaka, padahal sebenarnya tuntutannya lebih kompleks dan melibatkan pengawasan dan evaluasi terhadap kualitas guru yang dihasilkan.
Ekspektasi yang salah tentang profesi tersebut adalah bahwa pengelola lembaga hanya bertanggung jawab mencari dan menyediakan guru PAUD tanpa memperhatikan kualitas dan kompetensi mereka, padahal sebenarnya tugas utamanya adalah memastikan guru-guru yang disalurkan memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti pengelola lembaga pendidikan lainnya adalah fokus pengelolaan dan perekrutannya yang lebih spesifik pada guru PAUD, dimana pengelola harus memahami karakteristik dan kebutuhan khusus dalam pendidikan anak usia dini.