Pengembang Media Pembelajaran Interaktif

  Profil Profesi

Sebagai pengembang media pembelajaran interaktif, tugas utama saya adalah membuat konten-konten pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Langkah-langkahnya meliputi analisis kebutuhan, penulisan skrip, desain grafis, dan pengembangan interaktif menggunakan software khusus.

Selain itu, saya juga bertanggung jawab melakukan uji coba dan evaluasi terhadap media pembelajaran yang telah dibuat untuk memastikan kualitas dan efektivitasnya dalam meningkatkan pembelajaran.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang Media Pembelajaran Interaktif?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengembang Media Pembelajaran Interaktif adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang pendidikan, dan mampu mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran.

Mengingat peranannya dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan efektif, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik dan mampu bekerja secara kolaboratif dengan para guru dan desainer grafis.

Orang yang memiliki kesulitan dalam berpikir kreatif, kurang menguasai teknologi, dan tidak memiliki keinginan untuk mengembangkan media interaktif kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai pengembang media pembelajaran interaktif.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pengembang Media Pembelajaran Interaktif adalah menganggap bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik, tanpa memperhatikan aspek pedagogis dan efektivitas dalam pembelajaran.

Ekspektasi yang tidak realistis terhadap pengembang media pembelajaran interaktif adalah berpikir bahwa mereka dapat membuat materi yang sempurna dan selalu up-to-date tanpa membutuhkan kerja tim dan kolaborasi dengan guru atau tenaga pendidik lainnya.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti desainer grafis atau pengembang perangkat lunak, adalah bahwa pengembang media pembelajaran interaktif juga perlu memahami konteks dan kebutuhan dalam proses belajar-mengajar, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pembelajaran.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika
Sistem Informasi
Desain Komunikasi Visual
Pendidikan Teknik Informatika
Multimedia
Pendidikan Teknologi Informasi
Pendidikan Metode Komputer dan Informatika
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Lingkungan
Teknik Komputer dan Jaringan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Ruangguru
Zenius Education
Quipper
HarukaEdu
Binar Academy
Code.id
Prosa.ai
Brilio.net
Dicoding
MauBelajarApa