Pengembang Permainan Edukasi

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengembang permainan edukasi melibatkan pembuatan dan pengembangan permainan yang didesain untuk tujuan pendidikan.

Tugas utama meliputi merancang konsep permainan, membuat sketsa dan desain grafis, mengembangkan fitur dan mekanik permainan, serta melakukan uji coba dan pembaruan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pengembang, desainer, dan ahli pendidikan untuk memastikan permainan edukasi yang dibuat efektif dan menarik bagi pengguna.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang Permainan Edukasi?

Seorang pengembang permainan edukasi yang cocok adalah orang yang kreatif, memiliki pengetahuan mendalam tentang pendidikan, dan mampu menghadirkan ide-ide inovatif untuk membuat permainan yang menghibur dan bermanfaat bagi pengguna.

Keterampilan dalam pemrograman dan desain grafis juga sangat diperlukan untuk mewujudkan konsep permainan edukasi yang menarik dan interaktif.

Jika kamu merupakan orang yang kurang memiliki minat dan pengetahuan dalam dunia pendidikan serta kurang kreatif dalam menciptakan permainan yang mendidik, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi pengembang permainan edukasi adalah bahwa pekerjaannya hanya menciptakan game sederhana yang mengajarkan hal-hal dasar. Namun, kenyataannya, tugas pengembang permainan edukasi sangat kompleks dan melibatkan desain, pengujian, dan penyesuaian game agar sesuai dengan kurikulum pendidikan.

Ekspektasi yang salah tentang profesi pengembang permainan edukasi adalah bahwa mereka hanya bekerja sendirian. Padahal, dalam kenyataannya, pengembang permainan edukasi sering bekerja dalam tim yang terdiri dari desainer, programmer, ilustrator, dan ahli pendidikan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lengkap dan efektif.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti pengembang game biasa, adalah bahwa pengembang permainan edukasi memiliki tanggung jawab tambahan untuk membuat game yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan manfaat pendidikan yang signifikan. Mereka harus memahami prinsip-prinsip pembelajaran dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam permainan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika
Sistem Informasi
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Desain Komunikasi Visual
Teknik Elektro
Pendidikan Matematika
Pendidikan Bahasa Inggris
Psikologi
Desain Produk
Pendidikan Anak Usia Dini

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Gamindo
Educa Studio
Agate Studio
BICCode
Ruangguru
Quipper
Kummara
Langit Ilmu
Nussoft
Gagasindo