Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan melibatkan pengelolaan dan pengembangan strategi pemasaran untuk produk perikanan.

Tugas utama meliputi penentuan target pasar, analisis pesaing, pengembangan branding, dan pelaksanaan kegiatan pemasaran seperti promosi dan penjualan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan bagian produksi untuk memastikan ketersediaan stok produk perikanan yang mencukupi untuk memenuhi permintaan pasar.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan?

Seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan memiliki pengetahuan tentang pasar ikan serta industri perikanan akan cocok untuk tipe pekerjaan Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan.

Sebagai Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang kuat dan mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk perikanan.

Jika kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kurang memiliki pengetahuan tentang pasar ikan, dan tidak memiliki passion terhadap industri perikanan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan adalah bahwa pekerjaannya hanya fokus pada menjual ikan dan produk perikanan. Realitanya, tugasnya jauh lebih kompleks, termasuk pengembangan strategi pemasaran, analisis pasar, manajemen merek, serta membangun hubungan dengan supplier, distributor, dan konsumen.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan hanya bekerja di perusahaan besar dan terkenal. Padahal, dalam kenyataannya, banyak perusahaan perikanan kecil dan menengah yang juga membutuhkan tenaga pemasaran yang kompeten untuk membantu mereka memasarkan produk mereka.

Perbedaan yang signifikan dengan profesi yang mirip, misalnya Pengurus Pemasaran di industri makanan atau minuman, adalah fokus spesifik pada produk perikanan. Pengurus Pemasaran Perusahaan Perikanan harus memahami aspek-aspek khusus dalam pemasaran produk perikanan, seperti kualitas, kelestarian sumber daya, dan faktor-faktor lingkungan yang berhubungan dengan industri perikanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Pemasaran
Perikanan
Agribisnis/Aquaculture
Teknik Perikanan
Ekonomi
Hubungan Internasional
Komunikasi
Teknik Industri
Ilmu Kelautan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Perikanan Nusantara (Persero)
PT Samudra Perikanan Nusantara
PT Perikanan Indonesia Jaya
PT Perikanan Tangguh Nusantara
PT Aruna Indonesia
PT Tri Permata Nusantara
PT Toba Surimi Industries
PT Citra Mina Seafood
PT Benua Indah Permai
PT Mustika Minanusa Tbk