Sebagai penulis buku pelajaran IPS, tugas utama adalah melakukan riset, mengembangkan, dan menulis konten yang relevan dan akurat untuk buku pelajaran IPS.
Hal ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep, teori, sejarah, dan perkembangan dalam bidang IPS serta kemampuan untuk mengemas informasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan editor, pengulas, dan pihak terkait lainnya untuk menyempurnakan dan memperbaiki isi buku pelajaran IPS sehingga dapat memberikan manfaat dan pemahaman yang baik bagi siswa.
Seorang yang ahli dalam bidang ilmu sosial, memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai topik di bidang IPS dan mampu mengkomunikasikan konsep-konsep tersebut secara jelas dan sistematis. Selain itu, seorang penulis buku pelajaran IPS juga harus memiliki kemampuan penelitian yang baik untuk menyampaikan informasi yang akurat dan terkini kepada pembaca.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang ilmu sosial dan tidak terbiasa melakukan riset mendalam, maka kamu tidak cocok menjadi penulis buku pelajaran IPS.
Miskonsepsi tentang profesi Penulis Buku Pelajaran IPS adalah bahwa mereka hanya perlu menyalin dan menggabungkan informasi dari sumber lain. Padahal, mereka harus melakukan penelitian dan merancang konten yang relevan dan sesuai kurikulum dengan pendekatan yang tepat.
Ekspektasi yang sering ada pada profesi ini adalah bahwa Penulis Buku Pelajaran IPS akan memiliki kebebasan penuh dalam menulis dan mengatur materi pelajaran. Namun, realitanya mereka harus mematuhi panduan kurikulum yang telah ditentukan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Guru IPS adalah bahwa Penulis Buku Pelajaran IPS lebih fokus pada pengembangan materi pelajaran secara tertulis, sedangkan Guru IPS lebih fokus pada mengajar dan memberikan pengalaman belajar kepada siswa secara langsung di dalam kelas.