Penyiar Radio Internasional

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai penyiar radio internasional melibatkan penyampaian program siaran melalui saluran radio yang dapat didengarkan oleh pendengar di seluruh dunia.

Tugas utama penyiar radio internasional termasuk merencanakan dan mempersiapkan konten siaran, mengatur jadwal siaran, dan melakukan siaran langsung atau merekam program siaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan pendengar melalui telepon, sms, atau media sosial, serta melakukan riset dan penyelidikan untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan informasi yang disampaikan dalam program siaran.

Apa saya cocok bekerja sebagai Penyiar radio internasional?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penyiar Radio Internasional adalah seseorang yang memiliki suara yang baik, kemampuan berbahasa yang lancar, dan kreatif dalam menyampaikan informasi kepada pendengar.

Sebagai penyiar radio internasional, seseorang juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai topik, serta kemampuan untuk memikat dan menarik perhatian pendengar melalui gaya penyampaian yang energik dan menarik.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kurang luwes dalam beradaptasi dengan budaya dan bahasa yang berbeda, serta tidak memiliki minat dalam dunia berita dan hiburan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai penyiar radio internasional.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi penyiar radio internasional adalah bahwa mereka hanya perlu duduk di studio dan berbicara. Namun, kenyataannya mereka harus mempersiapkan konten, melakukan riset, dan beradaptasi dengan budaya dan bahasa yang berbeda.

Perbedaan dengan profesi penyiar radio lokal adalah bahwa penyiar radio internasional seringkali harus menguasai beberapa bahasa dan budaya yang berbeda, sementara penyiar radio lokal cenderung fokus pada satu wilayah atau komunitas tertentu.

Ekspektasi tentang profesi ini adalah bahwa menjadi penyiar radio internasional dapat memberikan popularitas dan kemasyhuran. Namun, kenyataannya profesional ini harus bekerja keras dan berkompetisi dengan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan dan membangun reputasi di kancah internasional.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Broadcasting
Jurnalisme
Bahasa dan Sastra Inggris
Teknik Elektro atau Telekomunikasi
Seni Pertunjukan (teater, musik, atau komedi)
Pendidikan Radio dan Televisi
Ilmu Komunikasi
Teknik Informatika (khususnya dalam bidang multimedia)
Pemasaran atau Manajemen Media

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Radio Republik Indonesia (RRI)
Gramedia Pustaka Utama
PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNC Group)
Prambors Radio
Hit Radio Network
Prima FM
Media Group
Citra Radio Medan
Elshinta Radio & TV
Ardan Radio Surabaya