Seorang penyusun evaluasi pembelajaran bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan soal evaluasi yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Pekerjaan ini melibatkan analisis kurikulum, mengidentifikasi indikator pembelajaran, dan menyusun instrumen evaluasi yang valid dan reliabel.
Penyusun evaluasi pembelajaran juga harus mampu mengolah dan menganalisis data evaluasi untuk memberikan umpan balik yang berguna dalam meningkatkan proses pembelajaran.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penyusun Evaluasi Pembelajaran adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum dan metodologi pembelajaran, memiliki keterampilan analisis yang kuat, dan mampu menghasilkan evaluasi pembelajaran yang objektif dan relevan.
Tugas seorang penyusun evaluasi pembelajaran juga mengharuskan seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan guru, siswa, dan pihak lain yang terlibat dalam proses pembelajaran.
Jika kamu adalah seorang yang tidak terbiasa membuat analisis mendalam terhadap hasil belajar, kurang memiliki kemampuan evaluasi yang objektif, dan tidak mampu menghasilkan laporan yang akurat, kemungkinan kamu akan tidak cocok sebagai penyusun evaluasi pembelajaran.
Miskonsepsi tentang profesi penyusun evaluasi pembelajaran adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang menilai siswa dengan memberikan angka atau nilai, padahal sebenarnya penyusun evaluasi juga bertanggung jawab dalam mengembangkan instrumen evaluasi yang valid dan relevan dengan tujuan pembelajaran.
Ekspektasi umum terhadap profesi penyusun evaluasi pembelajaran adalah bahwa mereka hanya duduk di meja dan membuat soal ujian saja, namun kenyataannya pekerjaan ini juga melibatkan analisis data, interpretasi hasil evaluasi, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan proses pembelajaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau pengajar, adalah bahwa penyusun evaluasi pembelajaran tidak secara langsung terlibat dalam mengajar siswa di kelas. Mereka lebih fokus pada proses evaluasi dan pengembangan instrumen penilaian daripada mengajar langsung kepada siswa.