Seorang perancang UI/UX bertanggung jawab untuk merancang antarmuka pengguna yang intuitif dan menarik guna meningkatkan pengalaman pengguna.
Tugas utamanya meliputi melakukan penelitian pengguna, membuat wireframe, dan membuat desain visual yang menarik dan responsif.
Selain itu, perancang UI/UX juga bekerja sama dengan tim pengembang untuk mengimplementasikan desain yang telah dibuat dan melakukan pengujian untuk memastikan kualitas pengalaman pengguna yang optimal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Perancang UI/UX adalah mereka yang memiliki kreativitas yang tinggi, memahami kebutuhan pengguna, dan memiliki kemampuan dalam merancang antarmuka yang intuitif dan menarik visualnya.
Mereka juga harus memiliki pemahaman tentang konsep desain grafis dan teknologi terkini serta mampu bekerja sama dengan tim pengembang untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang optimal.
Jika kamu kurang kreatif, tidak tertarik dalam desain visual, dan tidak memiliki pemahaman yang baik tentang pengalaman pengguna, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai perancang UI/UX.
Miskonsepsi tentang perancang UI/UX adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat tampilan yang menarik tanpa memperhatikan fungsionalitasnya. Padahal, perancang UI/UX penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal dengan memperhitungkan faktor-usability, dan tidak hanya dalam hal estetika semata.
Ekspektasi terhadap perancang UI/UX seringkali menganggap bahwa mereka hanya fokus pada desain visual, padahal mereka juga harus melibatkan pengguna dalam proses pengembangan produk, melakukan penelitian dan analisis pasar, serta menguji prototipe untuk memastikan fitur dan interaksi yang telah dirancangnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti desainer grafis, adalah perancang UI/UX lebih berorientasi pada pengalaman dan interaksi pengguna dengan produk, sementara desainer grafis lebih fokus pada pembuatan desain visual yang menarik. Perancang UI/UX harus memahami prinsip-prinsip desain dan psikologi pengguna untuk mencapai tujuan fungsionalitas dan kepuasan pengguna.