Pekerjaan di bidang petugas operasional bandara melibatkan pemantauan dan pengaturan seluruh proses operasional di bandara.
Tugas utama meliputi pengecekan keamanan, penanganan bagasi, koordinasi dengan maskapai penerbangan, serta pengaturan lalu lintas pesawat.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pelayanan kepada penumpang, seperti memberikan informasi tentang jadwal penerbangan dan membantu penumpang dengan keluhan atau permintaan khusus.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Petugas Operasional Bandara adalah seorang yang tangguh, cepat tanggap, dan memiliki kemampuan dalam menghadapi situasi darurat dengan tenang.
Dalam pekerjaannya yang membutuhkan kerjasama tim yang baik dan tingkat kesabaran yang tinggi, seorang petugas operasional bandara juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.
Jika kamu adalah seorang yang tidak bisa bekerja dengan cepat, tidak berpengalaman dalam menangani tekanan tinggi, dan tidak mampu berkomunikasi dengan efektif, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi petugas operasional bandara.
Miskonsepsi tentang petugas operasional bandara adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengatur lalu lintas pesawat dan penumpang di bandara. Padahal, mereka juga bertanggung jawab dalam keamanan, penanganan barang bawaan, dan memberikan bantuan kepada penumpang saat dibutuhkan.
Ekspektasi terhadap petugas operasional bandara seringkali menganggap pekerjaan mereka hanya berlangsung secara tertib dan tanpa kendala. Namun, realitanya mereka harus siap menghadapi situasi darurat, menyelenggarakan evakuasi, dan menangani konflik atau gangguan keamanan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti petugas pelayanan pelanggan di bandara adalah bahwa petugas operasional bandara lebih fokus pada aspek operasional dan keamanan, sementara petugas pelayanan pelanggan bertugas melayani dan memberikan informasi kepada penumpang serta membantu mereka dalam kebutuhan sehari-hari di bandara.