Pekerjaan sebagai Pimpinan Proyek TI melibatkan pengelolaan dan pengawasan proyek-proyek teknologi informasi dalam suatu organisasi.
Tugas utama meliputi merencanakan, mengatur, dan mengawasi semua tahap proyek, termasuk perencanaan strategis, analisis kebutuhan, desain sistem, pengembangan, implementasi, uji coba, dan evaluasi.
Selain itu, Pimpinan Proyek TI juga bertanggung jawab memastikan proyek berjalan sesuai dengan waktu, anggaran, dan kualitas yang ditetapkan serta berkoordinasi dengan tim proyek dan pihak terkait lainnya.
Seorang yang cocok untuk menjadi Pimpinan Proyek TI adalah seorang yang memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam dalam bidang teknologi informasi, memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dan mampu mengelola proyek dengan efektif dan efisien.
Dalam menghadapi tantangan yang kompleks dan beragam dalam proyek TI, seorang Pimpinan Proyek TI juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik dan dapat berkomunikasi dengan jelas dengan tim proyek untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan tidak mampu mengelola tim dengan efektif, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai Pimpinan Proyek TI.
Miskonsepsi tentang profesi Pimpinan Proyek TI adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab atas pemantauan dan pengendalian proyek, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pemahaman teknis yang dalam terkait dengan bidang teknologi informasi.
Ekspektasi terhadap Pimpinan Proyek TI seringkali menganggap mereka dapat menyelesaikan semua masalah dan konflik dalam proyek dengan mudah, padahal dalam realita mereka juga harus bekerja sama dengan berbagai tim dan pihak terkait untuk mencapai kesuksesan proyek.
Perbedaan antara Pimpinan Proyek TI dan profesi yang mirip seperti Manajer Proyek adalah bahwa Pimpinan Proyek TI lebih fokus pada proyek-proyek dengan bidang teknologi informasi, sementara Manajer Proyek dapat bekerja di berbagai bidang proyek yang lebih luas.