Sales representative di hotel atau biro perjalanan bertanggung jawab untuk mencari dan mendapatkan klien atau pelanggan baru.
Tugas utama meliputi promosi, penawaran, dan negosiasi dengan calon pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar untuk perusahaan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemeliharaan hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada dan memberikan pelayanan yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Seorang sales representative yang cocok untuk pekerjaan di hotel atau biro perjalanan adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, energik, dan persuasif dalam mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial.
Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang industri perhotelan atau pariwisata serta mampu bekerja dengan target penjualan yang ditetapkan.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak ramah, dan tidak mampu menjual dengan persuasif, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai sales representative di hotel atau biro perjalanan.
Ekspektasi: Seorang sales representative di hotel atau biro perjalanan diharapkan hanya akan bertemu dengan tamu atau pelanggan yang bahagia dan ramah. Realita: Mereka juga harus bersiap menghadapi keluhan, kritik, atau situasi yang kurang menyenangkan dari tamu atau pelanggan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Sales representative di hotel atau biro perjalanan lebih fokus pada penjualan produk atau layanan tertentu, sedangkan seorang customer service lebih bertanggung jawab dalam memberikan layanan dan penyelesaian masalah pelanggan.
Ekspektasi: Seorang sales representative akan selalu sukses dan dapat menjual segala hal dengan mudah. Realita: Tidak semua penawaran berhasil dan mereka juga perlu bekerja keras, memiliki sikap positif, dan ketrampilan komunikasi yang baik untuk meraih kesuksesan.