Spesialis Komunikasi Olahraga

  Profil Profesi

Sebagai spesialis komunikasi olahraga, tugas utama meliputi menyebarkan informasi tentang kegiatan olahraga dan atlet melalui berbagai saluran media.

Pekerjaan ini juga melibatkan kerja sama dengan tim olahraga dan media untuk mengatur konferensi pers, wawancara, dan acara promosi.

Selain itu, saya juga bertanggung jawab untuk memastikan narasi dan konten olahraga yang dihasilkan sesuai dengan standar etika dan nilai-nilai yang relevan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Spesialis komunikasi olahraga?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Spesialis Komunikasi Olahraga adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang dunia olahraga, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja dengan jadwal yang fleksibel.

Seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan analitis yang kuat dan kemampuan dalam mengelola hubungan dengan media, atlet, dan pemangku kepentingan lainnya.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang mendalam tentang dunia olahraga dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka kamu tidak cocok menjadi seorang spesialis komunikasi olahraga.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi spesialis komunikasi olahraga adalah bahwa mereka hanya perlu mengerti dan menulis tentang olahraga. Padahal, mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang komunikasi, pemasaran, dan juga membangun hubungan dengan atlet dan tim olahraga.

Ekspektasi tentang pekerjaan ini seringkali lebih menonjolkan glamour dan keasyikan, seperti menghadiri acara olahraga terkenal dan wawancara dengan atlet terkenal. Namun, realitanya adalah bahwa pekerjaan ini melibatkan banyak kerja keras di belakang layar, termasuk penelitian yang mendalam, menulis artikel analitis, dan melaporkan peristiwa secara real-time.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pewarta olahraga, adalah bahwa spesialis komunikasi olahraga memiliki fokus yang lebih pada bagaimana olahraga dipromosikan dan dikomunikasikan melalui media sosial, platform online, dan strategi pemasaran. Mereka juga bertanggung jawab untuk membangun brand olahraga dan menciptakan konten multimedia yang menarik untuk audiens.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Public Relations
Jurnalistik
Komunikasi Visual
Broadcasting
Manajemen Komunikasi
Marketing Komunikasi
Komunikasi Digital
Psikologi
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)
PT Liga Indonesia Baru (LIB)
PT Proliga Indonesia (Proliga)
PT Indonesia Football Premier League (IFPL)
Badminton Association of Indonesia (PBSI)
PT Bali United (Klub Sepak Bola)
PT Semen Indonesia (Sponsor Liga)
PT Indosiar Visual Mandiri (Stasiun Televisi)
PT Kompas Gramedia (Media Massa)
PT Telkomsel (Perusahaan Telekomunikasi)