Staf administrasi kebun kelapa sawit bertanggung jawab dalam pengelolaan semua proses administratif yang terkait dengan kebun kelapa sawit.
Tugas utama meliputi mengumpulkan dan memproses data produksi, inventarisasi, dan pemeliharaan kebun kelapa sawit.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan koordinasi dengan departemen lain, seperti keuangan dan logistik, untuk memastikan semua operasional kebun kelapa sawit berjalan dengan baik.
Seorang yang cocok untuk menjadi staf administrasi kebun kelapa sawit adalah seseorang yang teliti, memiliki pengetahuan tentang sistem administrasi dan regulasi kebun kelapa sawit, dan dapat bekerja secara mandiri.
Dalam tugas-tugas administratif, seorang staf administrasi kebun kelapa sawit juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak terkait di kebun, serta memiliki ketelitian yang tinggi dalam mengelola data dan dokumen administrasi.
Jika kamu tidak suka bekerja di lingkungan luar ruangan, tidak terbiasa dengan cuaca panas, dan tidak tertarik dengan industri perkebunan kelapa sawit, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi miskonsepsi tentang profesi staf administrasi kebun kelapa sawit adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan mengurus administrasi kantor dan tidak terlibat langsung dalam kegiatan di lapangan.
Realitanya, staf administrasi kebun kelapa sawit sangat terlibat dalam pemantauan dan pengelolaan kegiatan operasional di lapangan, seperti pemeliharaan tanaman, pengangkutan hasil panen, dan perawatan peralatan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya staf administrasi kantor biasa, adalah bahwa staf administrasi kebun kelapa sawit memiliki pengetahuan khusus tentang kegiatan di bidang pertanian dan industri kelapa sawit, serta terlibat dalam pemantauan langsung di lapangan.