Bertugas mengembangkan konsep dan ide kreatif untuk kampanye iklan yang menarik dan efektif.
Melakukan riset pasar dan analisis tren untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi target audiens.
Bekerja sama dengan tim produksi, desain, dan penulis konten untuk menciptakan materi iklan yang menarik dan mempromosikan merek atau produk yang ditawarkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Kreatif di perusahaan iklan adalah seorang yang memiliki imajinasi yang kreatif, mampu berpikir secara out-of-the-box, dan memiliki kemampuan artistik yang kuat.
Memiliki kepekaan terhadap tren desain dan pengetahuan yang mendalam tentang industri periklanan akan menjadi kelebihan bagi calon kandidat.
Jika kamu tidak memiliki minat atau keahlian dalam bidang seni dan kreativitas serta tidak memiliki kemampuan berpikir out-of-the-box, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi: Seorang staf kreatif perusahaan iklan akan bekerja dengan klien terkenal dan menghasilkan karya kreatif yang viral. Realita: Sebagian besar pekerjaan staf kreatif berfokus pada tugas administratif dan presentasi yang tidak terlalu kreatif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Profesi desainer grafis seringkali disamakan dengan staf kreatif perusahaan iklan, padahal desainer grafis cenderung lebih fokus pada visual dan penggarapan desain, sedangkan staf kreatif perusahaan iklan memiliki tanggung jawab yang lebih luas dalam menghasilkan ide kreatif untuk kampanye iklan.
Ekspektasi: Staf kreatif perusahaan iklan bebas berekspresi dan memiliki waktu kerja yang fleksibel. Realita: Staf kreatif perusahaan iklan juga harus mengikuti tenggat waktu ketat dan seringkali harus menghadapi tekanan untuk menghasilkan ide yang inovatif.