Staf Pengembangan Bisnis

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai staf pengembangan bisnis melibatkan analisis pasar dan perencanaan strategi bisnis untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan.

Tugas utama meliputi melakukan riset pasar, melacak tren industri, dan menganalisis data untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penyusunan rencana strategis, mengembangkan kemitraan bisnis, dan menyusun proposal untuk mendapatkan investasi atau pendanaan tambahan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Staf Pengembangan Bisnis?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Pengembangan Bisnis adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan analisis yang baik, serta memiliki kepemimpinan yang kuat untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru dan mengembangkan strategi yang efektif.

Ditambah dengan kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan negosiasi yang kuat, seorang kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki jiwa enterpreneurship yang tinggi dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan persaingan bisnis.

Jika kamu adalah seorang yang tidak bersemangat dalam menjalin hubungan dengan orang lain, kurang memiliki kemampuan bernegosiasi, dan tidak memiliki kemampuan untuk melihat peluang bisnis, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staf pengembangan bisnis.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang profesi Staf Pengembangan Bisnis sering kali menganggap mereka hanya harus mengatur rencana dan strategi, namun kenyataannya mereka juga terlibat langsung dalam pelaksanaannya.

Banyak yang mengira profesi Staf Pengembangan Bisnis hanya terbatas pada pengembangan produk atau layanan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mencari peluang pasar baru.

Perbedaan antara profesi Staf Pengembangan Bisnis dengan profesi yang mirip, seperti Sales atau Marketing, adalah Staf Pengembangan Bisnis lebih banyak berfokus pada analisis dan strategi jangka panjang, sementara Sales atau Marketing lebih fokus pada strategi penjualan dan promosi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Manajemen Keuangan
Manajemen Sumber Daya Manusia
Kewirausahaan
Teknik Industri
Analisis Bisnis
Teknologi Informasi Bisnis
Ekonomi Bisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia
PT Pertamina (Persero)
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bukalapak.com