Supervisi Dan Manajemen Pendidikan Nonformal

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang supervisi dan manajemen pendidikan nonformal melibatkan pengawasan dan pengelolaan program pendidikan di luar sistem pendidikan formal.

Tugas utama meliputi mengawasi dan memastikan pelaksanaan program pendidikan nonformal sesuai dengan pedoman dan standar yang ditetapkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan pihak terkait, seperti instansi pemerintah dan lembaga masyarakat, untuk mengembangkan program pendidikan nonformal yang berkualitas dan mendapatkan dukungan yang cukup.

Apa saya cocok bekerja sebagai Supervisi dan manajemen pendidikan nonformal?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan supervisi dan manajemen pendidikan nonformal adalah seorang yang memiliki pengalaman dalam pendidikan nonformal, memiliki kemampuan dalam mengorganisir dan mengawasi program pendidikan, serta memiliki komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan peserta didik dan instruktur.

Seorang calon yang ideal juga harus memiliki kepemimpinan yang kuat, kreatif dalam mengembangkan program pendidikan nonformal yang inovatif, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pendidikan masyarakat nonformal.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan kepemimpinan, tidak sabar, dan sulit beradaptasi dengan banyak perubahan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan supervisi dan manajemen pendidikan nonformal.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang supervisi dan manajemen pendidikan nonformal adalah bahwa tugas utamanya hanya mengamati dan mengevaluasi program pendidikan saja, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam melakukan perencanaan, pengembangan, dan koordinasi kegiatan pendidikan nonformal.

Ekspektasi yang salah tentang supervisi dan manajemen pendidikan nonformal adalah bahwa mereka hanya perlu memberikan instruksi kepada guru atau fasilitator, tanpa perlu memikirkan aspek-aspek administratif dan kelembagaan dalam sebuah program pendidikan. Padahal, dalam realita, mereka juga harus memastikan aspek tersebut berjalan dengan baik.

Perbedaan yang mendasar antara supervisi dan manajemen pendidikan nonformal dengan profesi yang mirip, seperti guru atau pengawas sekolah formal, adalah bahwa mereka bekerja di luar jenjang pendidikan formal dan fokusnya pada program pendidikan yang lebih fleksibel dan terarah pada masyarakat yang beragam, seperti pendidikan kejuruan, kursus bahasa, atau pelatihan kerja.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Nonformal
Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Luar Sekolah
Manajemen Pendidikan
Sosiologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan
Teknologi Pendidikan
Konseling dan Bimbingan Konseling
Administrasi Pendidikan
Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

International Language Institute (ILI)
EF English First
Lembaga Kursus dan Pelatihan Citra
Lembaga Pendidikan Orasis
Global Education Center
Bimbingan Belajar Alpha
Lembaga Pendidikan Bahasa Mandiri
Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi
Lembaga Pendidikan Islam Mahardhika
Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Nusa Cendekia