Jurusan Manajemen Ritel adalah program studi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam mengelola berbagai aspek bisnis ritel.
Mahasiswa akan mempelajari mata kuliah seperti manajemen operasional, pemasaran ritel, logistik, dan analisis penjualan.
Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam industri ritel, ingin memahami strategi pemasaran dan manajemen bisnis, serta memiliki kreativitas dalam menghadapi persaingan yang tinggi.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Ritel mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Ritel tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang mengira bahwa jurusan Manajemen Ritel hanya mengajarkan tentang penjualan dan pemasaran, padahal realitanya juga mencakup pengelolaan rantai pasok, manajemen persediaan, dan analisis data konsumen.
2. Ekspektasi bahwa lulusan Manajemen Ritel langsung menjadi penjual atau kasir sering kali tidak sesuai realita, karena lulusan juga memiliki prospek karir di posisi strategis seperti pengelolaan pembelian, pengembangan produk, dan bahkan analisis bisnis.
3. Meskipun Manajemen Ritel dan Manajemen Bisnis keduanya mempelajari aspek-aspek pengelolaan usaha, jurusan Manajemen Ritel lebih spesifik fokus pada sektor ritel dan sering mengintegrasikan aspek teknologi dan tren konsumen yang berubah-ubah.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Ritel: