Jurusan Otomasi Perkantoran adalah program studi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dalam mengoperasikan peralatan dan teknologi modern dalam kegiatan perkantoran.
Dalam kurikulumnya, mahasiswa akan belajar tentang pengelolaan administrasi, penggunaan software perkantoran, manajemen data, serta keterampilan komunikasi bisnis.
Jurusan ini cocok bagi mereka yang tertarik dalam dunia administrasi serta memiliki keahlian dalam menggunakan teknologi komputer dan sistem informasi.
Mata kuliah di jurusan Otomasi Perkantoran mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Otomasi Perkantoran tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang mengira mahasiswa Otomasi Perkantoran hanya belajar tentang penggunaan mesin fotokopi atau printer, padahal mereka juga mempelajari sistem informasi manajemen dan pengoptimalan alur kerja perkantoran.
2. Berbeda dengan kepercayaan umum, lulusan Otomasi Perkantoran tidak hanya terbatas menjadi sekretaris, mereka juga memiliki prospek karier di bidang analisis data dan pengembangan sistem administratif yang efisien.
3. Meski sering disamakan, Otomasi Perkantoran dan Manajemen Administrasi berbeda; jika Otomasi Perkantoran lebih fokus pada teknologi dan proses otomatisasi, Manajemen Administrasi lebih menekankan pada aspek kebijakan dan manajerial dalam administrasi perkantoran.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Otomasi Perkantoran: