Account officer di industri perikanan tangkap bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan dan administrasi perusahaan perikanan tangkap.
Tugas utamanya termasuk mengelola laporan keuangan, mengontrol pengeluaran dan pendapatan, serta melakukan pelacakan dan pemantauan terhadap pembayaran dan piutang.
Selain itu, account officer ini juga berperan dalam proses pembuatan anggaran dan perencanaan keuangan untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan perikanan tersebut.
Profil orang yang cocok untuk menjadi Account Officer di industri perikanan tangkap adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan minat dalam industri perikanan dan pemahaman yang baik tentang proses bisnisnya, serta memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam mengelola dan menganalisis data keuangan.
Sebagai Account Officer, individu ini juga perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan dalam bekerja secara tim, dan ketelitian yang tinggi dalam mengelola laporan keuangan dan transaksi bisnis.
Jika kamu tidak memiliki minat dan pengetahuan dalam industri perikanan tangkap, kamu tidak akan cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Account Officer di industri perikanan tangkap adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan. Namun, kenyataannya mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang berbagai konsep perikanan dan keberlanjutan.
Ekspektasi terhadap Account Officer di industri perikanan tangkap adalah bahwa mereka akan bekerja di tengah laut dan secara langsung terlibat dalam kegiatan penangkapan ikan. Namun, sebenarnya tugas mereka lebih berfokus pada pengelolaan keuangan, pembuatan laporan, dan analisis data keuangan perusahaan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Nelayan atau Ahli Perikanan, adalah bahwa Account Officer lebih berperan dalam aspek administrasi dan keuangan perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan, sedangkan nelayan dan ahli perikanan lebih berfokus pada operasional di laut dan pengembangan sumber daya perikanan.