Pekerjaan di bidang administrasi media melibatkan pengelolaan dan koordinasi kegiatan administratif untuk perusahaan media.
Tugas utama meliputi menyusun jadwal tayangan, mengatur dan memantau iklan, serta mengatur dokumentasi dan arsip informasi media.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan tim produksi, marketing, dan pihak terkait lainnya, untuk memastikan semua proses administrasi berjalan lancar dan mendukung kegiatan produksi dan publikasi media.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Administrasi Media adalah seorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang luas tentang industri media, serta memiliki kemampuan multitasking yang baik dalam mengelola berbagai tugas administratif yang terkait dengan media.
Sebagai bagian dari industri media yang cepat dan dinamis, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan problem solving yang baik dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dengan cepat dalam industri tersebut.
Jika kamu tidak suka dengan tugas-tugasnya yang monoton dan rutin, serta kurang kreatif dalam mengolah data dan informasi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan administrasi media.
Miskonsepsi tentang profesi Administrasi media adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengatur jadwal dan menyimpan dokumen, padahal sebenarnya mereka juga mengelola konten dan berinteraksi dengan berbagai pihak terkait.
Ekspektasi terhadap Administrasi media seringkali lebih tinggi dibandingkan dengan realitanya, karena tugas-tugas yang diemban terkadang lebih kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang tidak terlihat secara langsung oleh orang lain.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Sekretaris atau Asisten adalah Administrasi media lebih berkaitan dengan industri media, termasuk pengelolaan konten, jadwal publikasi, dan koordinasi dengan tim produksi.