Administrator Pemasaran

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Administrator Pemasaran melibatkan pengelolaan dan koordinasi aktivitas pemasaran untuk mendukung strategi pemasaran perusahaan.

Tugas utama mencakup mengelola dan memelihara database pelanggan, mengawasi kampanye pemasaran, dan menganalisis hasil pemasaran untuk mengidentifikasi peluang pengembangan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim penjualan, kreatif, dan manajemen untuk memastikan strategi pemasaran yang efektif dan pencapaian target penjualan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Administrator Pemasaran?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Administrator Pemasaran adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan analitis yang kuat, dan mampu mengelola proyek dengan efektif.

Sebagai seorang Administrator Pemasaran, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat.

Jika kamu adalah seorang yang tidak terorganisir, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak menyukai tugas-tugas administratif, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Administrator Pemasaran.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Administrator Pemasaran adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan membuat materi promosi dan iklan saja. Padahal, dalam realita, Administrator Pemasaran juga bertanggung jawab untuk melakukan analisis pasar, merencanakan strategi pemasaran, dan menjalankan kampanye pemasaran secara keseluruhan.

Ekspektasi umum tentang Administrator Pemasaran adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan hal-hal yang kreatif dan menarik. Namun, realitanya, Administrator Pemasaran juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang data dan analisis bisnis untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengembangkan strategi pemasaran.

Perbedaan antara Administrator Pemasaran dan Profesi Marketing Executive adalah bahwa Administrator Pemasaran adalah lebih fokus pada perencanaan, pemantauan, dan pengawasan kegiatan pemasaran secara menyeluruh, sementara Marketing Executive lebih berperan dalam pelaksanaan dan implementasi kegiatan pemasaran di lapangan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Administrasi Bisnis
Ekonomi Bisnis
Komunikasi Pemasaran
Administrasi Perkantoran
Bisnis Internasional
Manajemen Pemasaran
Administrasi Niaga
Pemasaran Digital
Manajemen Retail

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Danone Indonesia
PT Sinar Sosro Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Mayora Indah Tbk
PT XL Axiata Tbk