Ahli Antropologi Bisnis

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli antropologi bisnis melibatkan studi dan analisis terhadap budaya dan perilaku manusia dalam konteks bisnis.

Tugas utama meliputi mengumpulkan data, melakukan riset lapangan, dan menganalisis faktor-faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi keputusan bisnis.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memberikan rekomendasi dan strategi kepada perusahaan untuk meningkatkan pemahaman dan adaptasi terhadap budaya lokal dalam rangka mencapai keberhasilan dalam bisnis.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli antropologi bisnis?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Antropologi Bisnis adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan dalam bidang antropologi, memiliki kemampuan analisis yang kuat, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda-beda.

Memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam kelompok masyarakat juga merupakan faktor penting dalam pekerjaan ini.

Jika kamu adalah orang yang tidak tertarik dengan budaya, tidak memiliki minat dalam mempelajari dinamika sosial dalam bisnis, dan tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat, maka pekerjaan sebagai ahli antropologi bisnis mungkin tidak cocok untukmu.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Ahli Antropologi Bisnis adalah bahwa mereka hanya menghadapi ekspektasi mengenai pengembangan strategi bisnis, padahal sebetulnya mereka juga melakukan analisis budaya dan perilaku konsumen.

Dalam realita, Ahli Antropologi Bisnis tidak hanya berkutat pada aspek keuangan dan pemasaran, tetapi juga mempelajari relasi sosial, kebiasaan konsumen, dan bagaimana faktor budaya mempengaruhi keputusan bisnis.

Perbedaan yang signifikan dengan profesi lain yang mirip seperti konsultan bisnis atau analis pasar adalah bahwa Ahli Antropologi Bisnis menggunakan pendekatan antropologi dalam memahami budaya dan konteks sosial di dalam dunia bisnis, yang memberikan wawasan yang lebih dalam tentang dinamika organisasi dan perilaku konsumen.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Antropologi
Manajemen Bisnis Internasional
Ekonomi
Sosiologi
Psikologi
Hubungan Internasional
Ilmu Politik
Studi Budaya dan Komunikasi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Perencanaan Bisnis dan Kewirausahaan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Telkom Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk