Pekerjaan sebagai ahli media sosial pertanian melibatkan pengelolaan dan pengembangan konten yang relevan untuk mempromosikan pertanian secara efektif.
Tugas utamanya termasuk membuat dan mengatur postingan, video, dan gambar yang menarik untuk meningkatkan kehadiran online pertanian.
Selain itu, ahli media sosial pertanian juga bertanggung jawab untuk memantau dan membalas komentar serta pertanyaan dari audiens tentang pertanian.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Media Sosial Pertanian adalah seorang yang memiliki latar belakang di bidang pertanian atau pertanian pangan, memiliki pemahaman yang baik tentang media sosial dan strategi pemasaran, serta memiliki kreativitas dalam merancang konten yang menarik dan informatif.
Dalam pekerjaan ini, seorang ahli media sosial pertanian juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja secara mandiri, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tren dan teknologi terkini dalam dunia media sosial.
Seseorang yang tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam bidang pertanian dan kurang memahami media sosial tidak cocok untuk menjadi ahli media sosial pertanian.
Ekspektasi tentang profesi Ahli Media Sosial Pertanian seringkali mengira bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan pengoperasian media sosial tanpa pengetahuan yang mendalam tentang pertanian. Namun, realitanya adalah ahli media sosial pertanian juga perlu memahami seluk-beluk pertanian dan pandai dalam mengkomunikasikan informasi ke dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh masyarakat.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Ahli Media Sosial atau Ahli Pertanian adalah fokusnya. Ahli Media Sosial lebih berfokus pada pengelolaan dan strategi pemasaran di media sosial, sedangkan Ahli Pertanian lebih berfokus pada aspek pertanian seperti budidaya tanaman, pengolahan lahan, dan masalah-masalah teknis lainnya.
Miskonsepsi lainnya adalah Ahli Media Sosial Pertanian hanya diperlukan untuk mengelola media sosial perusahaan pertanian besar. Padahal, realitanya adalah baik perusahaan besar maupun petani kecil juga dapat memanfaatkan keahlian ahli media sosial pertanian untuk mempromosikan dan memasarkan produk pertanian mereka secara efektif.