Ahli Pemasaran Dan Penjualan Produk Elektronika

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika melibatkan promosi, penjualan, dan pemasaran produk elektronika kepada konsumen.

Tugas utama meliputi membuat strategi pemasaran yang efektif, mengembangkan hubungan kerja dengan pelanggan, dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kegiatan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen serta mengikuti perkembangan teknologi elektronika untuk memperbarui pengetahuan produk.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika?

Seorang profil yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk elektronika, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Selain itu, orang yang cocok untuk pekerjaan ini harus memiliki kreativitas dalam merancang strategi pemasaran dan penjualan, serta memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak memahami pasar elektronik secara mendalam, dan tidak memiliki kemampuan menjual dengan persuasif.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika hanya duduk di kantor dan mengatur iklan, tetapi Realita: Profesi ini melibatkan banyak kunjungan ke toko dan melakukan presentasi produk kepada pelanggan potensial.

Ekspektasi: Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika menjual produk dengan mudah, tetapi Realita: Mereka harus memahami teknologi terkini, berkomunikasi dengan pelanggan yang berbeda, serta mengatasi penolakan atau keberatan dalam proses penjualan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Ahli Pemasaran dan Penjualan Produk Elektronika berfokus khusus pada produk elektronika, sedangkan Ahli Pemasaran biasa dapat bekerja di berbagai industri.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis dengan spesialisasi pemasaran
Pemasaran dan Komunikasi Bisnis
Teknologi Informasi dengan fokus e-commerce dan pemasaran digital
Teknik Elektro dengan spesialisasi pemasaran produk elektronika
Komunikasi Massa dengan fokus pemasaran dan media elektronik
Desain Produk dengan spesialisasi desain produk elektronika
Ekonomi dengan fokus pemasaran dan penjualan produk elektronika
Manajemen Pemasaran dengan spesialisasi produk elektronika
Sistem Informasi dengan fokus pemasaran produk elektronika
Teknik Industri dengan spesialisasi pemasaran produk teknologi elektronika

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Samsung Electronics Indonesia
Sony Electronics Indonesia
LG Electronics Indonesia
Panasonic Manufacturing Indonesia
Toshiba Indonesia
Sharp Electronics Indonesia
Philips Electronics Indonesia
PT. Indosat Tbk (provider layanan elektronik)
PT. Trikomsel Oke Tbk (distributor elektronik)
PT. Erajaya Swasembada Tbk (distributor elektronik)