Ahli Pemasaran Produk Peternakan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli pemasaran produk peternakan melibatkan promosi dan penjualan produk-produk peternakan, seperti pakan ternak, bibit ternak, dan peralatan peternakan.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi pasar potensial, mengembangkan strategi pemasaran, menjalin hubungan dengan distributor dan konsumen, serta melakukan analisis pasar untuk meningkatkan penjualan produk peternakan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan tren pasar, melakukan riset pasar, dan memberikan rekomendasi kepada manajemen untuk mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli pemasaran produk peternakan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Pemasaran Produk Peternakan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam industri peternakan, serta kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik dalam menjual produk peternakan. Kemampuan analisis pasar dan strategi pemasaran juga penting untuk sukses dalam pekerjaan ini.

Seseorang yang tidak memiliki minat atau pengetahuan tentang peternakan dan tidak mampu beradaptasi dengan dinamika industri peternakan kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi ahli pemasaran produk peternakan adalah bahwa pekerjaannya hanya menghasilkan penjualan besar dan cepat, padahal dalam realita, mereka juga harus membangun hubungan jangka panjang dengan klien dan berfokus pada strategi pemasaran jangka panjang.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa ahli pemasaran produk peternakan hanya mengurus aspek pemasaran tanpa perlu memahami industri peternakan secara mendalam. Namun, dalam realita, mereka harus memiliki pengetahuan yang luas tentang peternakan, seperti jenis ternak, teknik pemeliharaan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi industri ini.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti ahli pemasaran produk pertanian, adalah bahwa ahli pemasaran produk peternakan harus memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peternakan, seperti perawatan hewan dan kesehatan, sementara ahli pemasaran produk pertanian lebih berfokus pada tanaman dan produksi pertanian.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Agribisnis
Manajemen Peternakan
Ilmu Peternakan
Teknologi Pangan
Bisnis Internasional
Manajemen Bisnis Agroindustri
Ekonomi Pertanian
Pemasaran dan Strategi Bisnis
Manajemen Bisnis Peternakan
Periklanan dan Komunikasi Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Charoen Pokphand Indonesia
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
PT Sierad Produce Tbk
PT Widodo Makmur Perkasa
PT Malindo Feedmill Tbk
PT Sumber Unggas Perkasa
PT Prambanan Kencana
PT Ceva Animal Health Indonesia
PT Greenbahari Nusantara
PT Indofood Sukses Makmur Tbk