Seorang ahli pembelajaran berbasis teknologi bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi terkini.
Tugas utamanya termasuk merancang materi pembelajaran interaktif, mengembangkan aplikasi dan platform pembelajaran online, serta memastikan integrasi yang baik antara teknologi dan proses pembelajaran.
Selain itu, ahli pembelajaran berbasis teknologi juga bertugas untuk mengawasi dan melaporkan efektivitas penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ahli pembelajaran berbasis teknologi adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi pembelajaran, kreatif, inovatif, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi terbaru dalam dunia pendidikan.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah seseorang yang tidak memiliki minat atau pemahaman yang cukup dalam bidang teknologi serta tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan atau mengimplementasikan solusi pembelajaran berbasis teknologi.
Miskonsepsi tentang Ahli Pembelajaran Berbasis Teknologi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat platform atau aplikasi teknologi, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang pendidikan dan strategi pembelajaran.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa Ahli Pembelajaran Berbasis Teknologi hanya perlu menguasai teknologi saja, tanpa memerhatikan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Padahal, mereka juga harus mengintegrasikan teknologi tersebut dengan strategi pengajaran yang baik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip adalah bahwa Ahli Pembelajaran Berbasis Teknologi memiliki pengetahuan khusus tentang penggunaan dan penerapan teknologi dalam pembelajaran, sedangkan profesi lain seperti pengajar atau desainer instruksional mungkin memiliki fokus yang lebih luas dan tidak hanya terbatas pada penggunaan teknologi.