Sebagai ahli pengukuran dan penilaian pendidikan, pekerjaan ini melibatkan analisis dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar siswa.
Anda akan bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan instrumen evaluasi, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyusun laporan penilaian.
Selain itu, tugas Anda juga mencakup memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan adanya kesesuaian antara penilaian dengan kurikulum yang berlaku.
Profil orang yang cocok untuk menjadi ahli pengukuran dan penilaian pendidikan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang pengukuran dan penilaian, serta mampu menganalisis data dan menginterpretasikan hasilnya secara objektif.
Dalam pekerjaan ini, seorang ahli pengukuran dan penilaian pendidikan juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak dan memberikan laporan yang jelas dan terpercaya.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan analisis yang kuat dan tidak teliti dalam melakukan pengukuran dan penilaian pendidikan, maka pekerjaan sebagai ahli pengukuran dan penilaian pendidikan tidak cocok untukmu.
Miskonsepsi tentang ahli pengukuran dan penilaian pendidikan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memberikan nilai kepada siswa, padahal sebenarnya mereka melakukan lebih dari itu dalam mendesain instrumen evaluasi.
Ekspektasi vs realita dalam profesi ahli pengukuran dan penilaian pendidikan adalah bahwa seringkali ekspektasi terhadap hasil evaluasi dianggap sebagai instrumen untuk menilai kinerja guru, padahal tujuan utama mereka adalah untuk meningkatkan pembelajaran siswa.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau kepala sekolah, adalah bahwa ahli pengukuran dan penilaian pendidikan memiliki pengetahuan khusus dalam pengembangan instrumen evaluasi yang dapat menghasilkan data valid dan reliabel.