Sebagai ahli perdagangan internasional pertanian, pekerjaan melibatkan analisis pasar, komunikasi dengan mitra internasional, dan pengaturan pengiriman produk pertanian.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi peluang dan risiko pasar, menjalin hubungan bisnis dengan pelanggan dan pemasok internasional, serta memastikan kelancaran pengiriman produk pertanian.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan regulasi perdagangan internasional, negosiasi kontrak, dan penyelesaian masalah yang mungkin timbul selama proses perdagangan.
Seorang dengan latar belakang pendidikan di bidang pertanian internasional dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang perdagangan internasional serta regulasi perdagangan internasional akan cocok dengan pekerjaan sebagai Ahli Perdagangan Internasional Pertanian.
Seorang yang memiliki kemampuan analisis dan penelitian yang kuat, serta mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing juga akan menjadi profil yang cocok untuk pekerjaan ini.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar internasional, kurang memiliki koneksi atau hubungan jaringan yang luas, dan tidak memiliki minat atau pengalaman dalam industri pertanian, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Perdagangan Internasional Pertanian adalah bahwa pekerjaannya hanya berhubungan dengan urusan impor dan ekspor produk pertanian, padahal sebenarnya pekerjaannya meliputi banyak aspek seperti analisis pasar, negosiasi kontrak, dan peningkatan kualitas produk pertanian.
Ekspektasi umum yang salah adalah bahwa menjadi Ahli Perdagangan Internasional Pertanian akan berarti sering bepergian ke luar negeri dan menghadiri konferensi internasional, namun kenyataannya pekerjaan ini juga melibatkan banyak tugas administratif dan analisis data di dalam kantor.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Ahli Pasar Pertanian adalah bahwa Ahli Perdagangan Internasional Pertanian lebih fokus pada aspek impor dan ekspor, sementara Ahli Pasar Pertanian lebih fokus pada analisis pasar dan strategi pemasaran untuk produk pertanian di dalam negeri.