Sebagai ahli riset dan pengembangan produk, pekerjaan ini melibatkan melakukan penelitian pasar, menganalisis tren konsumen, dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.
Selanjutnya, tugas utama adalah mengembangkan konsep produk baru, melakukan uji coba dan evaluasi, serta mengatur pengembangan produk hingga tahap produksi.
Selain itu, peran ini juga melibatkan kerjasama dengan tim pemasaran dan manajemen produk untuk memastikan produk yang dikembangkan dapat memenuhi harapan pelanggan dan sukses di pasaran.
Orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ahli riset dan pengembangan produk adalah seorang yang kreatif, analitis, dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi serta keingintahuan yang kuat.
Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang yang terkait dengan produk yang sedang dikembangkan, dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Jika kamu tidak memiliki ketelitian dan keteraturan yang tinggi, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli riset dan pengembangan produk adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan eksperimen dan penemuan yang spektakuler, sedangkan kenyataannya, seringkali membutuhkan waktu dan upaya yang cukup lama untuk menghasilkan hasil yang signifikan.
Ekspektasi terhadap profesi Ahli riset dan pengembangan produk seringkali menggambarkan bahwa pekerjaan ini hanya berfokus pada inovasi dan kreativitas, namun kenyataannya juga memerlukan pemahaman mendalam tentang pasar dan kebutuhan konsumen untuk menghasilkan produk yang sukses.
Perbedaan antara profesi Ahli riset dan pengembangan produk dengan profesi yang mirip seperti Ahli inovasi adalah bahwa Ahli riset dan pengembangan produk lebih berfokus pada proses pengembangan dan pengujian produk secara detil, sedangkan Ahli inovasi lebih berorientasi pada ide dan perubahan dalam cara berpikir.