Ahli Riset Pendidikan Teknologi bertanggung jawab dalam melakukan penelitian tentang penggunaan teknologi dalam konteks pendidikan.
Tugas utama meliputi mengumpulkan data, menganalisis tren, dan mengidentifikasi kebutuhan pengguna teknologi pendidikan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penyusunan laporan penelitian dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Seseorang yang cocok dengan pekerjaan sebagai Ahli Riset Pendidikan Teknologi adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan teknologi, memiliki keahlian dalam melakukan riset dan analisis data, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam menyampaikan temuan riset kepada orang lain.
Sebagai seorang ahli riset, individu ini juga harus memiliki minat yang kuat dalam mengembangkan pendidikan teknologi dan mampu beradaptasi dengan perubahan dalam dunia teknologi pendidikan.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki ketertarikan dan pengetahuan dalam bidang teknologi, kamu tidak cocok untuk menjadi ahli riset di bidang pendidikan teknologi.
Miskonsepsi tentang Ahli Riset Pendidikan Teknologi adalah bahwa mereka hanya akan menghabiskan waktu di laboratorium dan melakukan eksperimen, padahal sebenarnya mereka juga harus melakukan analisis data dan menulis laporan penelitian.
Ekspektasi tentang profesi ini seringkali berpusat pada kemungkinan menemukan inovasi yang revolusioner dalam teknologi pendidikan, tetapi realitanya adalah penelitian yang dilakukan seringkali membutuhkan waktu yang lama dan hasilnya mungkin tidak selalu sesuai dengan harapan.
Perbedaan utama dengan profesi yang mirip, seperti ahli pendidikan atau ahli teknologi, adalah bahwa Ahli Riset Pendidikan Teknologi memiliki pemahaman mendalam tentang keduanya dan fokus penelitian mereka adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan pembelajaran dan pendidikan.