Sebagai seorang Analis Kebijakan Pendidikan, tugas utama meliputi menganalisis dan mengevaluasi kebijakan pendidikan yang ada.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan survei terhadap implementasi kebijakan pendidikan serta memberikan rekomendasi perbaikan yang sesuai.
Komunikasi dengan instansi terkait, para ahli pendidikan, dan masyarakat juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan ini.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Analis Kebijakan Pendidikan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sistem pendidikan dan kebijakan-kebijakannya, serta mampu menganalisis data dan informasi untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan yang efektif dan berdampak positif.
Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik dalam penyampaian ide dan rekomendasi kepada pemangku kepentingan pendidikan maupun dalam bekerja sama dengan tim lintas sektor untuk mencapai tujuan kebijakan yang diinginkan.
Jika kamu tidak tertarik dalam melakukan analisis data, tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang sistem pendidikan, serta tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Analis Kebijakan Pendidikan.
Miskonsepsi tentang profesi Analis Kebijakan Pendidikan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dan menghasilkan laporan, padahal sebenarnya tugas utama mereka adalah menganalisis kebijakan pendidikan yang ada dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
Ekspektasi yang sering terjadi adalah bahwa Analis Kebijakan Pendidikan akan langsung melihat dampak positif dari rekomendasi mereka, padahal realitanya perubahan kebijakan pendidikan membutuhkan waktu yang cukup lama dan melibatkan banyak pihak.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Guru atau Konsultan Pendidikan adalah fokus utama Analis Kebijakan Pendidikan adalah pada analisis kebijakan dan memberikan rekomendasi strategis, sedangkan Guru lebih berfokus pada pengajaran dan Konsultan Pendidikan membantu dalam implementasi rencana pembelajaran atau kebijakan yang telah ada.