Analis Pasar Perikanan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai analis pasar perikanan melibatkan analisis dan penelitian pasar perikanan, termasuk tren, permintaan, dan harga komoditas perikanan.

Tugas utama meliputi pengumpulan data pasar, mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar perikanan, serta membuat laporan dan rekomendasi untuk perusahaan atau lembaga terkait.

Selain itu, analis pasar perikanan juga berinteraksi dengan pelaku industri perikanan, seperti nelayan, produsen, dan pengepul, untuk memperoleh informasi terkini dan memahami dinamika pasar yang sedang berlangsung.

Apa saya cocok bekerja sebagai Analis pasar perikanan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Analis Pasar Perikanan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang industri perikanan, mampu menganalisis data pasar dengan akurat, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan stakeholders di industri perikanan.

Sebagai analis pasar perikanan, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi tren pasar, melakukan riset pasar yang komprehensif, dan dapat memberikan rekomendasi strategis kepada perusahaan perikanan.

Seorang yang tidak memiliki minat dalam bisnis perikanan, tidak memiliki pengetahuan tentang pasar perikanan, dan tidak mampu melakukan analisis yang mendalam tentang industri perikanan mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai analis pasar perikanan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Analis pasar perikanan adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus jual beli ikan, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk menganalisis tren pasar, permintaan, dan mengevaluasi potensi bisnis di industri perikanan.

Ekspektasi yang salah tentang pekerjaan Analis pasar perikanan adalah bahwa mereka akan bekerja di tempat penangkapan ikan, sementara kenyataannya mereka lebih sering bekerja di kantor dengan melakukan analisis data dan berkolaborasi dengan pelaku bisnis.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Inspektur ikan adalah, Inspektur ikan bertugas untuk memeriksa dan memastikan kualitas dan keamanan ikan, sementara Analis pasar perikanan berfokus pada aspek bisnis dan pemasaran seperti penelitian pasar, analisis tren, dan potensi bisnis di industri perikanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Perikanan dan Ilmu Kelautan
Ilmu Kelautan dan Sumberdaya Perairan
Biologi Perikanan
Manajemen Sumberdaya Perairan
Agribisnis Perikanan
Teknologi Hasil Perikanan
Ekonomi Sumberdaya Perikanan
Bisnis Manajemen Perikanan
Statistik
Ekonomi atau Bisnis dengan konsentrasi pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Nutrifish Indonesia
PT Ocean Fresh Delights
PT Sea Harvest Indonesia
PT Jala Nusantara
PT Indofish
PT Qulton Seafood
PT Raja Laut Indonesia
PT Nusantara Seafood
PT Bintang Laut
PT Surya Samudra Jaya