Analis Pasar Regional

  Profil Profesi

Seorang analis pasar regional bertanggung jawab untuk menganalisis dan memantau tren pasar di wilayah tertentu.

Tugas utama meliputi pengumpulan data pasar, analisis kompetitor, dan identifikasi peluang dan risiko pasar.

Selain itu, analis pasar regional juga bertanggung jawab untuk menyusun laporan dan memberikan rekomendasi strategis kepada manajemen perusahaan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Analis Pasar Regional?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Analis Pasar Regional adalah seorang yang memiliki keahlian analitis yang kuat, mampu mengidentifikasi tren pasar regional, dan memiliki kemampuan untuk menganalisis data dengan akurat dan mendalam.

Selain itu, seorang kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki kemampuan presentasi yang baik dan kemampuan komunikasi yang efektif untuk dapat berkomunikasi dengan stakeholder internal dan eksternal.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan menganalisis data secara detail, kurang memiliki wawasan tentang pasar regional, dan sulit bekerja dengan target penjualan yang ketat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Analis Pasar Regional.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi analis pasar regional adalah bahwa mereka hanya duduk di belakang komputer dan menganalisis data. Kenyataannya, mereka juga harus melakukan riset lapangan, mengikuti perkembangan ekonomi dan politik di wilayah mereka, dan berinteraksi dengan pelaku pasar regional.

Ekspektasi yang salah tentang profesi analis pasar regional adalah bahwa mereka hanya fokus pada pasar keuangan. Padahal, mereka juga harus memperhatikan faktor-faktor budaya, sosial, dan demografis yang mempengaruhi pasar di wilayah tertentu.

Perbedaan antara analis pasar regional dengan profesi yang mirip, seperti ekonom atau analis pasar global, adalah bahwa analis pasar regional lebih fokus pada wilayah yang terbatas, seperti satu negara atau kelompok negara tertentu, sementara analis pasar global melihat pasar secara lebih luas dan melibatkan berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ekonomi
Statistik
Manajemen Bisnis
Studi Pembangunan
Ilmu Komunikasi
Hubungan Internasional
Geografi
Teknologi Informasi
Studi Asia Tenggara
Kajian Wilayah

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Astra International Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Lion Mentari Airlines (Lion Air)
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
PT MNC Sky Vision Tbk