Memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan dan merevisi kurikulum Bahasa Indonesia untuk tingkat pendidikan yang ditentukan.
Tugas utama meliputi penelitian, perencanaan, dan pengembangan materi pelajaran serta aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku.
Selain itu, anggota tim ini juga bertanggung jawab untuk mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada guru-guru Bahasa Indonesia dalam implementasi kurikulum yang telah dikembangkan.
Seorang yang cocok untuk menjadi anggota tim pengembang kurikulum Bahasa Indonesia adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahasa Indonesia, memiliki kreativitas dalam merancang materi dan aktivitas pembelajaran, dan mampu bekerja secara kolaboratif dengan tim.
Sebagai anggota tim pengembang kurikulum, individu ini juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dan analisis terhadap kebutuhan dan trend pembelajaran Bahasa Indonesia, serta mampu mengimplementasikan inovasi dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang tata bahasa dan kurang memiliki kreativitas dalam mengembangkan materi pengajaran Bahasa Indonesia, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi anggota tim pengembang kurikulum Bahasa Indonesia adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas merumuskan rencana pembelajaran dan materi yang harus diajarkan. Padahal, mereka juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengevaluasi efektivitas kurikulum, dan berkoordinasi dengan guru-guru di lapangan.
Ekspektasi terhadap anggota tim pengembang kurikulum Bahasa Indonesia seringkali menganggap mereka sebagai ahli bahasa yang tahu segala hal tentang tata bahasa dan sastra. Namun, dalam realita, mereka juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang metode pembelajaran, teknologi digital, dan kebijakan pendidikan terkini.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru Bahasa Indonesia, terletak pada cakupan kerjanya. Sementara guru Bahasa Indonesia lebih fokus pada pelaksanaan pembelajaran di kelas, anggota tim pengembang kurikulum bertanggung jawab untuk merancang kurikulum yang disesuaikan dengan standar nasional, menyesuaikan dengan perubahan kebijakan pemerintah, dan memastikan implementasi yang efektif di sekolah-sekolah.