Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan adalah bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan program kesejahteraan karyawan di perusahaan.

Tugas utama meliputi pengelolaan program kesehatan, program peningkatan produktivitas, dan program keceriaan karyawan.

Selain itu, sebagai Asisten Manajer, juga harus berkomunikasi dengan semua departemen terkait, memastikan program kesejahteraan karyawan dapat diimplementasikan dengan baik dan memberikan manfaat yang positif bagi karyawan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang baik tentang hukum ketenagakerjaan dan pemenuhan kebutuhan karyawan, serta memiliki kemampuan dalam mengelola program-program kesejahteraan karyawan.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan analitis yang kuat dan dapat bekerja dengan baik dalam tim, untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait kesejahteraan karyawan.

Seseorang yang kurang empati, tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan tidak tertarik dengan kebahagiaan dan kesejahteraan karyawan tidak cocok untuk menjadi Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Sebagai Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan, banyak yang beranggapan bahwa tugasnya hanya sebatas mengatur program kegiatan dan acara untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Realita: Sebenarnya, tugasnya lebih kompleks dan melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan atau program yang mendukung kesejahteraan karyawan secara menyeluruh.

Ekspektasi: Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan dianggap hanya bertanggung jawab dalam menangani masalah kesehatan dan kesejahteraan fisik karyawan. Realita: Sebenarnya, tanggung jawabnya juga meliputi aspek psikologis, sosial, dan finansial karyawan, termasuk mengelola program keuangan, pengembangan karir, dan penyelesaian konflik.

Perbedaan dengan profesi serupa: Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan memiliki perbedaan dengan Manajer Kesejahteraan Karyawan. Manajer Kesejahteraan Karyawan lebih fokus pada perencanaan strategis, kebijakan, dan pengambilan keputusan, sementara Asisten Manajer Kesejahteraan Karyawan lebih fokus pada pelaksanaan dan pengelolaan program serta dukungan operasional untuk memastikan kesejahteraan karyawan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Sumber Daya Manusia
Psikologi Industri dan Organisasi
Hubungan Industri
Administrasi Bisnis
Kesejahteraan Sosial
Manajemen Kesehatan Kerja
Manajemen Keamanan dan Kesehatan Kerja
Kesehatan Masyarakat
Kesejahteraan Kependudukan
Administrasi Publik

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Astra International Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk