Sebagai auditor program pembangunan pedesaan, tugas utama adalah melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan program pembangunan di desa-desa.
Hal ini meliputi pengecekan kegiatan yang dilakukan, penggunaan anggaran yang tepat, dan pencapaian target program.
Selain itu juga perlu dilakukan analisis terhadap hasil pemeriksaan untuk memberikan rekomendasi atau saran perbaikan kepada pihak yang terkait dengan program pembangunan tersebut.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Auditor program pembangunan pedesaan adalah seorang yang analitis, teliti, dan memiliki kemampuan akuntansi yang kuat.
Dalam melaksanakan tugasnya, seorang auditor juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik secara mandiri.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah yang tidak teliti, tidak memiliki kemampuan analitis yang baik, dan tidak mampu bekerja dengan detail yang kompleks.
Miskonsepsi tentang profesi Auditor program pembangunan pedesaan adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memeriksa keuangan dan anggaran, padahal sebenarnya mereka juga harus melihat efektivitas dan keberhasilan program tersebut.
Ekspektasi masyarakat terhadap Auditor program pembangunan pedesaan adalah bahwa mereka akan menemukan kecurangan atau penyalahgunaan dana secara langsung, namun dalam realita, proses pemeriksaan membutuhkan analisis yang mendalam dan bukti yang kuat.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Akuntan atau Auditor keuangan, adalah bahwa Auditor program pembangunan pedesaan memiliki fokus yang lebih spesifik pada program pembangunan pedesaan dan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor sosial dan ekonomi di pedesaan.