B2B Sales Representative Otomotif

  Profil Profesi

Sebagai seorang B2B Sales Representative di industri otomotif, tugas utama Anda adalah menjalin dan mempertahankan hubungan bisnis dengan klien B2B di sektor otomotif.

Anda akan bekerja untuk mengidentifikasi prospek baru, menjual produk dan layanan kepada perusahaan otomotif, serta bernegosiasi harga dan persyaratan kontrak.

Selain itu, Anda juga akan bertanggung jawab untuk mengelola siklus penjualan, menyusun laporan penjualan, serta memberikan layanan pelanggan yang baik untuk memastikan kepuasan dan retensi klien.

Apa saya cocok bekerja sebagai B2B sales representative otomotif?

Seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, antusias, dan memiliki pengetahuan mendalam tentang industri otomotif, cocok untuk pekerjaan sebagai B2B sales representative otomotif.

Seorang yang sukses dalam peran ini juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang kuat dan mampu membangun hubungan yang baik dengan klien.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang kuat tentang industri otomotif, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai seorang B2B sales representative otomotif.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang B2B sales representative otomotif diharapkan hanya berkutat pada penjualan kendaraan kepada pelanggan bisnis tanpa perlu terlalu banyak interaksi dengan konsumen. Realita: Seorang B2B sales representative harus memiliki keterampilan komunikasi tingkat tinggi untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, mengatasi hambatan bisnis, dan menangani masalah purna jual.

Ekspektasi: B2B sales representative otomotif dianggap hanya menjual kendaraan baru. Realita: Seorang B2B sales representative juga menangani penjualan kendaraan bekas, mengurus dokumen-dokumen legal, dan memberikan layanan purna jual kepada pelanggan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Seorang B2B sales representative otomotif berfokus pada penjualan kendaraan kepada pelanggan bisnis, sementara seorang B2C sales representative lebih berkutat pada penjualan kendaraan kepada konsumen individu.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Otomotif
Manajemen Pemasaran
Teknik Industri
Manajemen Bisnis
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Komunikasi Bisnis
Psikologi Bisnis
Teknik Komputer
Bahasa Asing dengan fokus pada bisnis dan komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Toyota Motor Manufacturing Indonesia
Honda Prospect Motor
PT Astra Daihatsu Motor
PT Suzuki Indomobil Sales
PT Isuzu Astra Motor Indonesia
PT General Motors Indonesia
PT Nissan Motor Indonesia
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha
PT Mercedes-Benz Indonesia
PT BMW Indonesia