Pekerjaan sebagai Business Development Executive di industri telekomunikasi melibatkan pengembangan bisnis dan strategi pertumbuhan perusahaan.
Tugas utama meliputi mencari peluang bisnis baru, mengevaluasi pasar dan pesaing, serta merancang rencana pemasaran yang efektif.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi dengan mitra atau pelanggan potensial dan menjalin kerjasama strategis untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Business Development Executive Telekomunikasi adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menjalin hubungan bisnis, kreatif dalam merancang strategi pemasaran, dan memiliki pemahaman yang baik tentang industri telekomunikasi.
Dalam industri yang kompetitif ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang kuat, mampu bekerja secara mandiri, dan memiliki kemampuan presentasi yang baik untuk menghasilkan hasil penjualan yang optimal.
Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang lain, tidak memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik, dan tidak mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Business Development Executive Telekomunikasi.
Miskonsepsi tentang profesi Business Development Executive Telekomunikasi adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menjual produk atau layanan telekomunikasi, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi bisnis dan mencari peluang baru.
Ekspektasi yang salah dalam profesi ini adalah bahwa para Business Development Executive hanya bekerja di kantor dan tidak perlu berhubungan langsung dengan pelanggan, padahal di realita mereka harus aktif dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan melakukan presentasi di depan publik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Executive telekomunikasi, adalah bahwa Sales Executive lebih fokus pada penjualan langsung kepada pelanggan sementara Business Development Executive lebih fokus pada pengembangan bisnis jangka panjang dan berkolaborasi dengan tim internal untuk mencapai tujuan perusahaan.