Creative Strategist

  Profil Profesi

Seorang creative strategist adalah profesional yang terlibat dalam mengembangkan strategi dan konsep kreatif untuk kampanye pemasaran dan komunikasi klien.

Tugas utama meliputi penelitian pasar, analisis tren, dan identifikasi peluang unik untuk mengembangkan ide-ide baru yang inovatif.

Selain itu, creative strategist juga bekerja sama dengan tim kreatif, pengiklan, dan pemasar untuk memastikan konsep yang dibuat sesuai dengan visi dan tujuan klien.

Apa saya cocok bekerja sebagai Creative strategist?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Creative Strategist adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan mampu berpikir strategis untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dan efektif.

Sebagai seorang creative strategist, individu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kolaboratif, dan mampu bekerja dalam tim lintas departemen untuk menciptakan strategi yang dapat memenuhi kebutuhan klien dan mencapai tujuan pemasaran.

Jika kamu tidak memiliki imajinasi yang kreatif, tidak mampu berpikir out-of-the-box, dan tidak memiliki kemampuan untuk menghubungkan ide-ide secara unik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai creative strategist.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Creative Strategist adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang menghasilkan ide-ide kreatif tanpa mempertimbangkan aspek strategis dan analitis yang penting.

Ekspektasi terhadap seorang Creative Strategist sering kali terlalu tinggi, di mana diharapkan dapat menciptakan solusi yang revolusioner dan instan, padahal dalam realita, pekerjaan ini membutuhkan penelitian, analisis, dan proses yang panjang.

Perbedaan utama antara Creative Strategist dengan profesi yang mirip seperti Creative Director adalah fokusnya. Creative Strategist lebih berfokus pada pengembangan strategi dan perencanaan untuk mencapai tujuan bisnis, sedangkan Creative Director lebih berfokus pada pengawasan dan implementasi kreativitas dalam proyek-proyek visual.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Pemasaran
Ilmu Komunikasi
Desain Grafis
Manajemen Bisnis Kreatif
Digital Marketing
Film dan Televisi
Manajemen Media Sosial
Public Relations
Advertising
Multimedia dan Animasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Ogilvy & Mather Indonesia
Dentsu Aegis Network Indonesia
M&C Saatchi Indonesia
JWT Jakarta
Lowe Indonesia
Mindshare Indonesia
Bubu.com
Qraved.com
Djarum Indonesia
Unilever Indonesia