Desainer Kegiatan Pembelajaran

  Profil Profesi

Seorang desainer kegiatan pembelajaran bertanggung jawab untuk menciptakan desain dan materi pembelajaran yang efektif dan menarik.

Tugasnya meliputi analisis kebutuhan pembelajaran, pengembangan tujuan pembelajaran, pembuatan konten pembelajaran kreatif, serta penentuan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai.

Selain itu, desainer kegiatan pembelajaran juga akan melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap desain pembelajaran yang telah dibuat untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.

Apa saya cocok bekerja sebagai Desainer kegiatan pembelajaran?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Desainer Kegiatan Pembelajaran adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang mendalam tentang pembelajaran, dan mampu mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan efektif.

Seorang desainer kegiatan pembelajaran juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, agar dapat bekerja sama dengan tim pengajar dan menggali kebutuhan serta ekspektasi peserta didik.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak kreatif dan tidak memiliki kemampuan untuk merancang kegiatan yang menarik dan interaktif bagi peserta, maka kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai desainer kegiatan pembelajaran.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Desainer Kegiatan Pembelajaran:

Ekspektasi: Desainer kegiatan pembelajaran hanya perlu membuat materi pembelajaran yang menarik.

Realita: Desainer kegiatan pembelajaran juga harus memahami kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta memastikan bahwa mereka menghasilkan pembelajaran yang efektif.

Ekspektasi: Desainer kegiatan pembelajaran hanya bekerja di bidang pendidikan formal.

Realita: Desainer kegiatan pembelajaran dapat bekerja di berbagai bidang, termasuk pendidikan formal, training perusahaan, dan pengembangan e-learning.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Desainer kegiatan pembelajaran berbeda dengan guru atau pengajar, karena tugas mereka lebih fokus pada merancang dan mengembangkan aktivitas pembelajaran, bukan secara langsung mengajar di kelas.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Desain Komunikasi Visual
Desain Produk
Desain Grafis
Desain Interaksi
Desain Interior
Desain Fashion
Desain Permainan
Desain Multimedia
Desain Environment
Desain Rumah Tangga

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT XYZ (perusahaan teknologi)
PT ABC (perusahaan konsultan pendidikan)
PT DEF (perusahaan penerbitan buku dan materi pembelajaran)
PT GHI (perusahaan pelatihan dan pengembangan SDM)
PT JKL (perusahaan bidang e-learning)
PT MNO (perusahaan pengembangan perangkat lunak pendidikan)
PT PQR (perusahaan pengembangan konten video pembelajaran)
PT STU (perusahaan penyedia solusi pembelajaran online)
PT VWX (perusahaan penyedia alat bantu pembelajaran)
PT YZB (perusahaan penyedia jasa desain dan produksi materi pembelajaran)