Direktur Pemasaran Pariwisata

  Profil Profesi

Sebagai Direktur Pemasaran Pariwisata, tugas utama saya adalah mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Saya juga bertanggung jawab dalam menciptakan dan mengelola kerjasama dengan mitra pariwisata, seperti hotel, restoran, dan atraksi wisata.

Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan analisis pasar dan tren pariwisata untuk mengidentifikasi peluang baru dan meningkatkan daya tarik destinasi wisata.

Apa saya cocok bekerja sebagai Direktur Pemasaran Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Direktur Pemasaran Pariwisata adalah seseorang yang memiliki wawasan luas mengenai industri pariwisata, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta memiliki kemampuan strategi pemasaran yang kuat.

Mereka juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, mampu bekerja dalam tim, serta memiliki kemampuan analitis untuk mengidentifikasi peluang pasar dan mengambil keputusan yang tepat.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki pengalaman di bidang pemasaran atau tidak memiliki minat dan pengetahuan dalam industri pariwisata, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Direktur Pemasaran Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada bepergian dan menikmati destinasi wisata, padahal sebenarnya mereka juga harus menghadapi tugas yang kompleks dan bertanggung jawab seperti menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan mengelola anggaran dengan baik.

Ekspektasi dalam profesi Direktur Pemasaran Pariwisata seringkali melibatkan gambaran tentang bekerja di tempat-tempat indah dan menarik, tetapi realitanya adalah mereka seringkali harus melakukan perjalanan bisnis, menghadiri pertemuan dan konferensi, serta menghadapi tekanan dalam mencapai target penjualan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya Manajer Pemasaran di industri lain, adalah Direktur Pemasaran Pariwisata harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri pariwisata, termasuk aspek budaya, atraksi wisata, dan siklus perjalanan wisata, sementara Manajer Pemasaran di industri lain cenderung memiliki pengetahuan yang lebih luas dan umum tentang pasar yang mereka hadapi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pariwisata dan Perhotelan
Manajemen Pemasaran
Komunikasi Massa
Ekonomi
Bisnis Internasional
Manajemen Bisnis
Manajemen Perjalanan dan Wisata
Pemasaran Digital
Komunikasi Pemasaran
Hubungan Masyarakat.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Indonesia Group
PT Taman Safari Indonesia
PT Bali Tourism Development Corporation
PT Trans Corp
PT Tempo Inti Media Tbk
PT Panorama Group
PT Wonderful Indonesia
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Indonesia Tourism Development Corporation
PT Adhi Karya (Persero) Tbk