Sebagai publik relasi di bidang fashion, tanggung jawab utama adalah mempromosikan merek dan desainer kepada publik dan media.
Tugas meliputi mengatur acara fashion show, mengirimkan press release, dan mengorganisir sesi foto dan wawancara dengan media.
Komunikasi yang baik dengan media dan kerja sama dengan tim kreatif juga sangat penting dalam pekerjaan ini.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Fashion Publicist adalah seorang yang kreatif, memiliki jaringan luas di industri fashion, dan mampu menghasilkan ide-ide inovatif untuk mempromosikan brand atau desainer fashion.
Sebagai seorang fashion publicist, mereka harus dapat bekerja dengan cepat dan efisien dalam mengatur acara promosi dan melibatkan media sosial, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan klien dan media.
Jika kamu tidak memiliki minat pada dunia fashion, memiliki kurangnya koneksi dan networking dalam industri fashion, serta tidak memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai fashion publicist.
Miskonsepsi tentang profesi Fashion Publicist adalah bahwa mereka hanya berurusan dengan pesta dan acara glamour, padahal kenyataannya mereka juga harus bekerja keras dalam mengatur strategi pemasaran dan komunikasi untuk brand fashion.
Ekspektasi banyak orang adalah Fashion Publicist hidup dalam dunia glamor yang penuh dengan fashion show dan selebriti, namun realitanya mereka harus bekerja di balik layar dengan deadline yang ketat dan tekanan yang tinggi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Fashion PR, adalah bahwa Fashion Publicist cenderung lebih fokus pada mempromosikan fashion brand melalui media dan perencanaan acara, sedangkan Fashion PR lebih pada hubungan media dan manajemen reputasi brand fashion.