Game Publisher

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Game Publisher adalah mengelola dan mempublikasikan permainan video ke pasar.

Tugas utama meliputi meninjau dan memilih permainan yang akan dipublikasikan, mengatur jadwal rilis, dan bekerja dengan pengembang untuk memastikan kualitas permainan yang optimal.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan strategi pemasaran, negosiasi kontrak, dan mengkoordinasikan promosi permainan untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Game Publisher?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Game Publisher adalah seorang yang kreatif, memiliki pengetahuan yang luas tentang industri game, dan memiliki kemampuan bisnis yang baik, akan cocok dengan pekerjaan Game Publisher.

Sebagai seorang Game Publisher, seseorang juga harus memiliki kemampuan pemasaran yang kuat dan dapat membuat keputusan yang tepat untuk mempromosikan dan mendistribusikan game dengan efektif.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai game publisher adalah mereka yang tidak memiliki minat atau pengetahuan dalam industri game, minim kemampuan komunikasi, dan tidak berbakat dalam mengelola proyek-proyek kreatif.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Game Publisher adalah bahwa pekerjaannya hanya memainkan game dan menghasilkan uang dengan mudah. Realitanya, menjadi Game Publisher melibatkan pekerjaan keras dalam mengelola, mempromosikan, dan mendistribusikan game kepada pemain.

Ekspektasi yang salah tentang profesi Game Publisher adalah bahwa mereka akan menjadi kaya dalam waktu singkat. Namun, kenyataannya, kesuksesan dalam industri ini tidak dapat diprediksi dan butuh kerja keras serta risiko yang tinggi.

Perbedaan utama antara profesi Game Publisher dengan profesi pengembang game adalah bahwa Publisher bertanggung jawab untuk mendistribusikan dan mempromosikan game, sedangkan pengembang fokus pada menciptakan dan merancang game itu sendiri. Meskipun memiliki hubungan yang erat, kedua profesi ini memiliki peran dan tugas yang berbeda.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis di Industri Kreatif
Teknik Informatika (dengan fokus pada pengembangan game)
Ilmu Komunikasi (dengan fokus pada media digital dan hiburan)
Desain Grafis (dengan fokus pada desain game)
Bisnis Internasional (dengan fokus pada pemasaran internasional)
Ekonomi (dengan fokus pada bisnis di industri hiburan)
Administrasi Bisnis (dengan fokus pada manajemen proyek dan operasional)
Pemasaran (dengan fokus pada pemasaran digital dan strategi pemasaran game)
Public Relations (dengan fokus pada strategi komunikasi dan promosi game)
Hukum Bisnis (dengan fokus pada hukum dalam industri game)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Sony Interactive Entertainment Indonesia
PT Kompas Gramedia Digital
PT Agate International
PT Gameloft Indonesia
PT Garena Indonesia
PT Square Enix Indonesia
PT Unilever Indonesia
PT Tokopedia
PT Gojek Indonesia
PT Bukalapak