Game User Researcher

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Game User Researcher melibatkan penelitian dan analisis pengalaman pengguna dalam permainan video.

Tugas utamanya adalah melakukan penelitian lapangan, wawancara, dan observasi terhadap pemain permainan video untuk memahami preferensi mereka dan meningkatkan pengalaman permainan.

Selain itu, seorang Game User Researcher juga bertanggung jawab untuk memberikan saran dan rekomendasi kepada tim pengembang permainan agar permainan tersebut dapat lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pemain.

Apa saya cocok bekerja sebagai Game User Researcher?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Game User Researcher adalah seorang yang memiliki passion dalam industri game, memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan mampu mengerti kebutuhan pengguna, sehingga dapat memberikan wawasan yang berharga dalam pengembangan game.

Dalam melakukan riset pengguna, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, serta kreativitas dalam merancang metode riset yang efektif, sehingga dapat menghasilkan hasil yang akurat dan relevan bagi perusahaan game.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki minat dalam game dan tidak tertarik untuk memahami perilaku dan preferensi pengguna, kamu kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan Game User Researcher.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Game User Researcher adalah bahwa pekerjaan ini hanya bermain game sepanjang hari, padahal sebenarnya mereka melakukan analisis mendalam terhadap interaksi pemain dengan permainan.

Ekspektasi yang salah mengenai profesi ini adalah bahwa menjadi Game User Researcher hanya butuh kemampuan teknis, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang ilmu psikologi dan metode riset.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Game Tester, adalah bahwa Game User Researcher lebih berfokus pada pengumpulan dan analisis data untuk membantu pengembang permainan dalam memahami preferensi dan kebutuhan pemain, sedangkan Game Tester lebih fokus pada menemukan bug dan masalah teknis dalam permainan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Psikologi
Ilmu Komputer
Desain Komunikasi Visual
Antropologi
Desain Interaksi
Statistik
Kajian Media atau Kajian Budaya
Desain Game
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sosiologi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Megaxus Infotech
PT. Garena Indonesia
PT. Lyto Datarindo Infrastruktur
PT. Ciayo Games
PT. Kreon Games
PT. Agate Studio
PT. Toge Productions
PT. Indogames Indonesia
PT. Anantarupa Studios
PT. Menara Games Nusantara