Game Technical Artist

  Profil Profesi

Sebagai seorang Game Technical Artist, tugas utama adalah mengintegrasikan aset seni ke dalam mesin permainan dan memastikan kualitas visual yang optimal.

Selain itu, pekerjaan ini juga mencakup membuat alat dan skrip khusus untuk membantu proses pengembangan game, seperti sistem animasi dan efek khusus.

Sebagai Game Technical Artist juga akan terlibat dalam kolaborasi dengan tim pengembang untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan mendukung visi artistik permainan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Game Technical Artist?

Seorang yang cocok dengan pekerjaan Game Technical Artis adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang animasi dan grafik komputer, serta memiliki kemampuan pemrograman yang kuat dalam bahasa scripting yang relevan dengan industri game.

Selain itu, mereka juga harus memiliki kreativitas dan kemampuan problem solving yang tinggi untuk menciptakan solusi teknis yang inovatif dalam menghadapi tantangan yang kompleks di dalam pengembangan game.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan artistik yang kuat dan tidak tertarik pada teknologi dan permainan video, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Game Technical Artist ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Game Technical Artist adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang menggambar dan menciptakan seni visual. Realitanya, mereka juga bertanggung jawab untuk mengintegrasikan seni dengan teknologi, mengoptimalkan performa game, dan memecahkan masalah teknis.

Ekspektasi yang salah terkait profesi Game Technical Artist adalah bahwa mereka hanya berkontribusi pada bagian seni dalam pembuatan game. Padahal, mereka juga memiliki peran penting dalam pengembangan game secara keseluruhan, termasuk pemrograman, animasi, dan desain antarmuka.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Game Artist atau Game Programmer, adalah bahwa Game Technical Artist memiliki pemahaman yang lebih luas tentang aspek teknis dan artistik dalam pengembangan game. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang pemrograman dan seni visual serta dapat mengintegrasikan keduanya dengan baik.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Desain Game
Ilmu Komputer
Multimedia dan Desain Grafis
Seni Rupa dan Desain
Ilmu Komunikasi
Teknologi Informasi
Fisika
Ilmu Matematika
Animasi
Rekayasa Perangkat Lunak

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Ubisoft
Gameloft
Agate
Square Enix
Anantarupa Studios
Toge Productions
Digital Happiness
Mojiken Studio
TouchTen Games
Indigo Entertainment