Pekerjaan sebagai guru atau dosen perencanaan wilayah dan kota melibatkan mengajar dan memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang konsep, teori, dan prinsip perencanaan wilayah dan kota.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pengembangan materi pembelajaran, penyusunan kurikulum, dan pemilihan metode pengajaran yang tepat guna.
Sebagai guru atau dosen, interaksi dengan mahasiswa, memberikan bimbingan, serta menguji pemahaman dan kemampuan mereka juga merupakan tugas utama dalam pekerjaan ini.
Seorang yang cocok untuk menjadi Guru atau Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang perencanaan wilayah dan kota, serta memiliki kemampuan untuk mengajar dan berkomunikasi dengan baik kepada mahasiswa.
Guru atau Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota juga harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan metode pengajaran yang menarik dan inspiratif bagi mahasiswa.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki minat atau pemahaman yang cukup dalam perencanaan, kurang memiliki kemampuan analitis, dan tidak terbiasa bekerja secara kolaboratif dengan berbagai pihak terkait.
Miskonsepsi tentang profesi Guru atau Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota adalah bahwa pekerjaannya hanya sekadar mengajar teori perencanaan tanpa praktik lapangan, padahal kenyataannya mereka juga terlibat langsung dalam proyek-proyek perencanaan dan penelitian di lapangan.
Ekspektasi seringkali menganggap bahwa profesi Guru atau Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota hanya harus mengajar di kelas, sedangkan realitasnya mereka juga harus menghabiskan waktu untuk mengawasi dan membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan proyek perencanaan yang melibatkan masyarakat dan pemerintah.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti arsitek atau insinyur perencana, adalah bahwa Guru atau Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki fokus yang lebih pada pendidikan dan penelitian, sementara arsitek dan insinyur lebih terlibat dalam aspek teknis dan desain dalam implementasi proyek perencanaan.