Pekerjaan sebagai guru Madrasah Ibtidaiyyah melibatkan mengajar siswa dalam pelajaran agama Islam, bahasa Arab, dan mata pelajaran lainnya yang ada dalam kurikulum.
Tugas utama guru Madrasah Ibtidaiyyah adalah menyusun rencana pembelajaran, menyampaikan materi pelajaran dengan metode yang efektif, serta mengukur dan mengevaluasi kemajuan belajar siswa.
Selain itu, guru Madrasah Ibtidaiyyah juga berperan dalam membentuk karakter dan moral siswa, serta mengatasi berbagai permasalahan yang muncul dalam proses belajar mengajar.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Guru Madrasah Ibtidaiyyah adalah seorang yang berpendidikan tinggi dalam bidang pendidikan Islam, memiliki pengalaman dalam mengajar anak-anak, dan memiliki pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai agama Islam.
Seorang Guru Madrasah Ibtidaiyyah juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sabar, dan mendidik serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi murid-muridnya.
Jika kamu memiliki kesabaran yang rendah dan sulit beradaptasi dengan anak-anak usia muda, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai guru Madrasah Ibtidaiyyah.
Miskonsepsi tentang guru madrasah ibtidaiyyah adalah bahwa mereka hanya mengajar agama, padahal sebenarnya mereka juga mengajar mata pelajaran umum seperti matematika dan bahasa Indonesia.
Ekspektasi terhadap guru madrasah ibtidaiyyah adalah mereka akan bekerja dengan santai dan hanya bertanggung jawab pada jam pelajaran, namun kenyataannya mereka juga terlibat dalam pengembangan kurikulum, evaluasi siswa, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti guru SD adalah bahwa guru madrasah ibtidaiyyah lebih fokus pada pemahaman agama Islam dan pembentukan karakter siswa dengan nilai-nilai agama.