Guru/pendidik Bioteknologi Perikanan Dan Kelautan

  Profil Profesi

Guru/pendidik bioteknologi perikanan dan kelautan bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa mengenai bioteknologi dalam konteks perikanan dan kelautan.

Tugas utama meliputi menyusun kurikulum, menyampaikan materi pelajaran, dan mengatur praktikum yang relevan dengan penggunaan bioteknologi di bidang perikanan dan kelautan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pembimbingan dan penilaian kemampuan siswa dalam menerapkan konsep dan teknik bioteknologi dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Guru/pendidik bioteknologi perikanan dan kelautan?

Seorang yang cocok untuk tipe pekerjaan Guru/Pendidik Bioteknologi Perikanan dan Kelautan adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang bioteknologi perikanan dan kelautan, memiliki pengalaman di industri perikanan dan kelautan, serta memiliki keterampilan dalam mengajar dan berkomunikasi secara efektif dengan siswa.

Sebagai seorang guru/pendidik, mereka harus memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi siswa serta memiliki pengetahuan mendalam tentang bioteknologi perikanan dan kelautan untuk memberikan pengajaran yang berkualitas dan relevan.

Jika kamu tidak memiliki minat dan pengetahuan yang kuat dalam bioteknologi perikanan dan kelautan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan guru/pendidik di bidang ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Guru/Pendidik Bioteknologi Perikanan dan Kelautan adalah bahwa mereka hanya mengajar teori tanpa mempraktikkan ilmu di lapangan. Padahal, sebenarnya mereka memiliki peran penting dalam menghubungkan pengetahuan bioteknologi dengan aplikasinya di industri perikanan dan kelautan secara nyata.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa menjadi seorang guru bioteknologi perikanan dan kelautan hanya akan berkutat pada materi pelajaran di dalam kelas. Padahal, seorang guru di bidang ini juga diajak untuk terjun langsung ke lapangan, melakukan penelitian, dan mengembangkan inovasi untuk mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan relevan.

Perbedaan dengan profesi serupa, seperti ahli bioteknologi perikanan dan kelautan, adalah bahwa seorang guru atau pendidik memiliki fokus utama pada mengajarkan dan membimbing siswa dalam memahami konsep bioteknologi perikanan dan kelautan, sementara ahli profesional lebih berperan dalam melakukan riset, pengembangan produk, atau kerja di industri perikanan dan kelautan secara langsung.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Biologi
Pendidikan Sains
Pendidikan IPA
Pendidikan Teknik Mesin Perikanan dan Kelautan
Pendidikan Matematika
Pendidikan Kimia
Pendidikan Fisika
Pendidikan Teknik Elektro Perikanan dan Kelautan
Pendidikan Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan Kelautan
Pendidikan Teknik Sumberdaya Perairan.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kelautan, Perikanan, dan Kelautan (P3TKP)
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Airlangga (UNAIR)
Universitas Hasanuddin (UNHAS)
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)
KPPIP Indonesia
Aqua Corp
PT. Golden Rama Express