Sebagai asisten manajer hotel, tugas utama adalah memastikan operasional harian hotel berjalan lancar dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Hal ini meliputi mengawasi staf hotel, mengatur jadwal kerja, mengelola pemesanan kamar, dan menangani keluhan pelanggan.
Selain itu, sebagai asisten manajer hotel, juga bertanggung jawab dalam mengelola keuangan hotel dan bekerja sama dengan manajer untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Hotel Assistant Manager adalah seorang yang memiliki pengalaman dalam industri perhotelan, memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, dan mampu mengelola operasional hotel dengan efektif dan efisien.
Seorang kandidat yang baik juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja secara tim, dan memiliki pelayanan yang ramah kepada tamu hotel.
Jika kamu orang yang kurang terampil dalam mengkoordinasi tim, kurang dapat menghadapi tekanan, dan memiliki kurangnya keterampilan dalam mengelola keuangan, maka kamu mungkin tidak cocok untuk menjadi seorang asisten manajer hotel.
Miskonsepsi tentang Hotel Assistant Manager adalah bahwa mereka hanya bertugas mengurus check-in dan check-out tamu, padahal sebenarnya mereka memiliki tanggung jawab yang lebih luas dalam mengelola operasional hotel secara keseluruhan.
Banyak yang mengira bahwa Hotel Assistant Manager hanya perlu bekerja pada jam kerja biasa, tetapi realita-nya mereka harus siap siaga setiap saat untuk mengatasi masalah darurat atau situasi tak terduga yang mungkin terjadi di hotel.
Perbedaan antara Hotel Assistant Manager dengan profesi yang mirip, seperti Front Office Manager, adalah bahwa Assistant Manager lebih bertanggung jawab atas tugas-tugas operasional dan pengawasan umum di seluruh departemen hotel, sedangkan Front Office Manager lebih fokus pada tugas-tugas di area front office dan pengelolaan staf di area tersebut.