Pekerjaan di bidang HRD Syariah di perusahaan keuangan bertanggung jawab dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yang sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah.
Tugas utama meliputi manajemen rekrutmen, pengembangan karyawan, pengaturan sistem insentif, dan menjaga semangat kerja yang sejalan dengan nilai-nilai syariah.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan departemen lain untuk memastikan implementasi program-program syariah dalam manajemen SDM dan memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip keuangan syariah.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan HRD Syariah di Perusahaan Keuangan adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip keuangan syariah dan kebijakan syariah yang berlaku dalam industri keuangan.
Mereka juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kepemimpinan yang kuat dalam mengelola tim serta pengalaman dalam mengimplementasikan program-program pengembangan SDM yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau minat yang kuat dalam syariah atau finansial islam, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi HRD Syariah di Perusahaan Keuangan adalah harapan bahwa tugasnya hanya terbatas pada mengelola karyawan yang sudah syariah compliant, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab penuh terhadap pengembangan dan implementasi kebijakan syariah di perusahaan.
Ekspektasi salah tentang HRD Syariah di Perusahaan Keuangan adalah anggapan bahwa mereka hanya akan berurusan dengan aspek keuangan dan syariah saja, tapi kenyataannya mereka juga harus menguasai aspek manajerial dan pengembangan SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
Perbedaan mendasar dengan profesi lain yang mirip, HRD Syariah di Perusahaan Keuangan harus memahami dengan baik prinsip-prinsip syariah dan bagaimana menerapkannya dalam konteks bisnis, sementara HRD pada umumnya lebih fokus pada pengelolaan sumber daya manusia secara umum tanpa mempertimbangkan aspek syariah.